Manfaat IoT untuk Dorong Akselerasi Bisnis

Internet of thing dalam beberapa tahun ini telah menjadi buah bibir di dunia teknologi. Tidak sekedar di anggap istilah keren, keberadaan IoT di perlukan bisnis di berbagai sektor industry untuk menciptakan inovasi yang canggih.
Laporan terbaru IoT Analytic berjudul state of IoT – Spring 2023 mencatat peningkatan sebesar 18% menjadi 14,3 Miliar perangkat ioT pada global di tahun 2022. Jumlah ini di perkirakan Kembali menipis tipis mencapai 16,7 miliar perangkat pada tahun 2023 dan melampaui 27 miliar perangkat IoT pada tahun 2027.
Pada artikel kali ini, iLogo akan membahas serba serbi IoT dan fakta menarik lain nya.

Apa Itu IOT ?

Menurut WIRED, ioT adalah teknologi yang memungkinkan satu objek dapat mengirimkan data lewat koneksi internet tanpa bantuan computer dan manusia, termasuk perangkat rumah seperti kulkas, AC, TV hingga mesin cuci yang dapat di lakukan secara remote dari perangkat.
Jika menurut sejarahnya, istilah IoT pertama kali di ungkap oleh kevin Ashton, seorang ahli teknologi asal inggris. Ashton mendeskripsikan teknologi IoT sebagai “mata” dan “telinga” dari komputer.
Menariknya, jauh sebelum Ashton mencentuskan istilah IoT, ahli teknologi lulusan Massachusetts Institute Of Technology, John Romkey telah menciptakan perangkat IoT pertama di dunia pada 1990. Perangkat tersebut adalah pemanggang roti yang dapat di kendalikan melalui komputer milik Romkey.

Konsep dan Cara Kerja IoT

Secara sederhana, IoT bekerja dengan memanfaatkan instruksi pemograman yang setiap perintahnya bisa menghasilkan interaksi ke sesama perangkat ( Machine to Machine / M2M ) secara otomatis. Dengan begitu, seluruh perangkat dapat saling berinteraksi dari jarak jauh.
Koneksi internet menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung kelancaran “interaksi” antar perangkat IoT. Internet memiliki peranan penting sebagai konektor antara sistem dan perangkat. Sementara itu peranan manusia melakukan monitoring perangkat nya bekerja dengan baik.

Manfaat IoT

1. Efisiensi

Faktor efesiensi menjadi daya tarik utama dalam implementasi IoT untuk menunjang pekerjaan dan aktivitas sehari hari. IoT memungkinkan semakin kecil waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan tugas secara manual karena semakin banyak jenis koneksi yang berhasil di ciptakan. Dengan begitu, lebih efisiensi tenaga

2. Koneksi lebih mudah

Mampu dengan memudah mengontrol dan melakukan real-time monitoring terhadap suatu kegiatan jadi lebih mudah. IoT dapat merekomendasikan alternatif kegiatan pekerjaan menjadi lebih mudah.

3. Koneksi lebih mudah

IoT memungkinkan konektivitas antara perangkat menjadi lebih mudah. Interaksi antar jaringan dapat berjalan dengan baik karena di dukung internet yang semakin maju di dunia bisnis.

IoT bisa di terapkan di industry apa saja ?

Sejauh ini IoT telah banyak di terapkan dalam keseharian kita. Bahkan beberapa negara industri telah mengadopsi IoT untuk mendukung operasional bisnis mereka. Lalu bisnis apa saja yang bisa menerapkan IoT ?
Manufactur
Konsep smart manufacturing telah banyak di implementasikan untuk lebih efisien di operasional bisnis. Mengadopsi IoT pada bidang manufacturing dapat mengurangi human error secara signifikan karena interaksi perangkat yang telah di program untuk menyelesaikan tugas yang di kerjakan manusia sebelum nya.

Kesehatan

Saat ini sudah banyak inovasi baru di bidang industri Kesehatan dengan memanfaatkan teknolgy IoT. Industri Kesehatan di anggap ideal untuk penerapan IoT karena dapat membantu proses pengobatan berjalan dengan aman. Seperti melakukan pengecekan Jantung, MRI , mengecek gula darah, hingga bedah.

Energi

Industri energi identic dengan sejumlah kendala terkait dengan Listrik yang semakin boros, polusi udara. Dengan adanya IoT dapat mengatasi kendala-kendala tersebut.
Contoh nya, IoT dapat menciptakan sensor Cahaya yang mengurangi kelebihan penggunaan energi listrik hingga dapat menjadwalkan sumber daya lain yang dapat di control dari jarak jauh, seperti TV, Mesin Cuci, kulkas.

Transportasi

Kendaraan Otonom merupakan salah satu bentuk teknologi IoT di ranah transportasi. Pengguna dapat menjalankan mobil tanpa harus memegang stir kemudi untuk menjalankan mobil.

Smart City

ioT menjadi salah satu faktor penting terwujudnya konsep smart city, khusus nya untuk mengelolah dan memonitoring keberadaan perangkat secara realtime. Mulai memantau traffic lalu lintas, kondisi banjir, kondisi laut untuk memitigasi bencana bagi nelayan dan pelaut.

Pelajari lebih lanjut mengenai IoT Bersama iLogo

Saat nya kenali lebih mendalam teknologi Internet of Things ( IoT ) sebelum mulai mengimplementasikan nya secara bisnis dan aktivitas Bersama iLogo Infralogy. Dengan tim IT bersertfikat, dan professional dan kompeten di bidang nya, iLogo akan membantu mempersingkat proses dan waktu implementasi IoT dengan dukungan 24/7 . Tertarik dengan implementasi IoT ? hubungi sales@ilogo.co.id.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn